FORKLIFT : PENGERTIAN, KARAKTERISTIK, MERK, JENIS DAN BBM YANG DIGUNAKAN

FORKLIFT

PENGERTIAN FORKLIFT

Mengenal Forklift merk, jenis dan harganya - Mungkin untuk masyarakat umum kebanyakan masih terasa asing atau bahkan belum pernah mendengar namanya, Mungkin kalau kita melihat sepintas di jalan atau di pabrik kita menyangka mobil yang aneh yang ada 2 batang besi besar di depannya yang seperti Garfu.
Forklift Toyota Kapasitas Angkat 5 ton | Forklift Toyota 8FD50
Lain halnya bagi mereka yang bekerja di perusahaan Logistik , Pabrik dan Pergudangan sudah sering melihat atau bahkan anda sendiri Operator-nya ( Pengemudi Forklift ) karena hampir setiap kegiatan angkat angkut barang yang tidak bisa di kerjakan secara konvensional atau untuk mempercepat pengerjaan menggunakan Forklift.

Pengertian Forklift menurut wikipedia " Forklift ( juga disebut lift truck, jitney, fork truck, fork hoist, atau forklift truck) adalah truk industri yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material jarak pendek. "

Secara umum pengertian Forklift adalah pesawat angkat angkut berupa kendaraan seperti mobil dengan garpu di bangian depan yang berfungsi untuk mengangkat barang yang hendak  di pindahkan. Dan pada bagian belakang terdapat Counter Weight sebagai penyeimbang barang yang di angkat dan biasanya juga sebagai identitas kapasitas nya .

Definisi Forklift adalah suatu alat / kendaraan khusus yang menggunakan garfu atau clamp di pasang pada mast untuk mengangkat, menurunkan dan memindahkan suatu benda berat dari satu tempat ke tempat lain.
Misal Toyota Forklift 8FD50 ( 8 series pada Forklift merk Toyota, FD kode untuk Forklift dengan bahan bakar Diesel / Solar, 50 kode kapasitas angkat 5 ton ) adalah Forklift dengan maksibal beban yang dapat di muat adalah kurang dari  5 ton.

 

Karakteristik Forklift

Sistem pengangkat adalah gabungan dari dua batang rail vertikal sebagai penuntun di sebut mast, garfu ( media pengangkat dengan dua mata besi memanjang sepertihal nya garpu biasa dengan posisi horizontal menepel di mast ) bergerak naik dan turun pada mast dengan sistem Hydrolik untuk menggerakannya. Mast di hubungkan ke badan Forklift oleh hidrolik silinder  yang mampu menggerakan mast ke depan atau belakang.

Body atau badan Forklift memiliki banyak keutamaan seperti halnya mobil pada umumunya
  • Sebuah tenaga penggerak  ( Mesin, Kopling, Transmisi, Gardan ) Axle depan dan belakang, Rem dan Chassis.
  • Sedangkan pada Forklift Battery memiliki perbedaan, tenaga penggerak berupa Motor listrik dengan tenaga Battery dan tanbahan Controller.
  • Pada umumnya roda depan sebagai roda penggerak dan roda belakang sebagai kemudi.

 

JENIS - JENIS FORKLIFT

Untuk Jenis Forklift atau Tipe Forklift sendiri dapat di bedakan dari peruntukannya dan bahan bakar yang digunakan.
Berikut beberapa penjelasan Jenis atau Tipe Forklift.

 Jenis Forklift berdasarkan bahan bakar

Forklift Battery / Electric


Forklift Diesel

Forklift Gasoline

 

Jenis Forklift berdasarkan peruntukannya

Counter Balance

Reach Truck

 VNA Truck

Order Picking Truck

Stacker Truck